Assalamu'alaikum Wr.Wb..Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Dumai Kelas IB | Media Informasi dan Transparansi Peradilan

 
 
 
http://sidasi.pa-dumai.go.id
http://sidasi.pa-dumai.go.id

 

Wakil Ketua PTA Pekanbaru memberikan pelatihan ESQ kepada Pengadilan Agama Dumai dengan tujuan meningkatkan integritas dan komitmen dalam mencapai predikat WBK (24/08)

Ditulis oleh super admin on .

Ditulis oleh super admin on . Dilihat: 66

Wakil Ketua PTA Pekanbaru memberikan pelatihan ESQ kepada Pengadilan Agama Dumai dengan tujuan meningkatkan integritas dan komitmen dalam mencapai predikat WBK (24/08)

 

PA DUMAI, KOTA DUMAI – Kamis, 24 Agustus 2023  telah diadakan sebuah acara yang langka dan luar biasa yaitu Pembinaan "Membangun Karakter melalui ESQ". Acara yang berlangsung di Ruang Media Center Pengadilan Agama Dumai ini diikuti oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Dumai. Acara yang berlangsung ba'da Sholat Isya ini berlangsung dalam suasana yang religius, lebih - lebih seluruh peserta pembinaan duduk lesehan diatas karpet semua sama kedudukannya, tidak ada istilah pejabat dan staf, atasan dan bawahan. Yang bertindak sebagai motovator adalah Bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Dr. Mohamad Jumhari, S.H, M.H. Beliau yang pernah mendapatkan pelatihan ESQ langsung dari sang maestro ESQ Ari Ginanjar ini mampu membuat seluruh peserta terkesima dan berkaca - kaca karena penghayatannya bahkan beberapa peserta meneteskan air matanya.

ESQ sejatinya adalah menggabungkan antara Emotional Quotient ( Kecerdasan Emosional) dan Spiritual Quotient ( Kecerdasan Spiritual ) pada diri seseorang selain  Intelectual Quotient ( Kecerdasan Intelektual ) yang selama ini kita kenal.

Substansi dari kecerdasan emosional adalah kemampuan merasakan dan memahami untuk kemudian disikapi secara manusiawi. Orang yang EQ nya baik dapat memahami perasaan orang lain, dapat membaca yang tersurat atau tersirat dapat menangkap bahasa verbal dan non verbal semua pemahaman tersebut akan menuntun manusia agar bersikap sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan lingkungannya.

Kecerdasan emosional mengajarkan tentang integritas kejujuran komitmen, visi, kreativitas, ketahan mental, kebijaksanaan dan penguasaan diri, oleh karena itu EQ mengajarkan bagaimana manusia bisa bersikap pada dirinya ( intra personal ) percayadiri ( self awareness ) motivasi diri ( self motivation ) mengatur diri ( self regulation ) dan berhubungan dengan orang lain ( inter personal ) seperti empati kemampuan memahami orang lain dari social skill yang memungkin setiap orang dapat mengelola konflik dengan orang lain secara baik.

EQ mutlak diperlukan seseorang agar mampu memahami dirinya, orang lain serta lingkunganya yaitu pribadi-pribadi yang mampu melakukan hubungan dengan manusia lain dengan baik. Kehadiran EQ pada manusia itu tidak cukup melainkan harus diimbangi dengan SQ. Sedangkan Spiritual Quotient (Kecerdasan spiritual) merupakan kemampuan untuk member makna ibadah pada setiap prilaku kegiatan melalui langka-langkah dan pemkiran yang bersifat fitrah menuju manusia seutuhnya.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Dumai

Jl. Putri Tujuh, Kel. Teluk Binjai, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau - 28812

Telp: (0765) 31928
Fax: (0765) 31928

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Pengadilan Agama Dumai @2021
}); })(jQuery);