Assalamu'alaikum Wr.Wb..Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Dumai Kelas IB | Media Informasi dan Transparansi Peradilan

 
 
 
http://sidasi.pa-dumai.go.id
http://sidasi.pa-dumai.go.id

 

Semarakkan Bulan Ramadhan, Aparatur Pengadilan Agama Dumai Berikan Kuliah Tujuh Menit (04/04)

Ditulis oleh super admin on .

Ditulis oleh super admin on . Dilihat: 113

Semarakkan Bulan Ramadhan, Aparatur Pengadilan Agama Dumai Berikan Kuliah Tujuh Menit (04/04)

 

PA DUMAI, KOTA DUMAI – Selasa, 04 April 2023 bertempat di Mushola Al-Mahkamah Pengadilan Agama Dumai. Seluruh Aparatur Pengadilan Agama Dumai berkumpul untuk mendengarkan siraman rohani yang akan menjadi kegiatan rutin mengisi bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilakukan setelah melakukan sholat zuhur berjamaah oleh semua aparatur Pengadilan Agama Dumai.

Pada kesempatan kali ini kultum disampaikan oleh Kasubbag PTIP Pengadilan Agama Dumai, Indra Gunawan, S.Ag., M.Ag dan muadzin oleh Khairul Amri Dalam siraman rohani ini Beliau menyampaikan sebuah kisah seorang penjual roti dan Imah Ahmad Ibnu Hambal rahimahullah, yang mana dari kisah tersebut kita bisa mengambil sebuah pelajaran,

  1. Kisah ini mengajarkan kepada kita tentang fadhillah (keutamaan) memperbanyak istighfar. Salah satu keutamaan istighfar dalam kisah ini adalah dikabulkan semua permintaannya kepada Allah SWT. Dengan cara yang tidak disangka-sangka. Selain sebagai salah satu syarat dalam bertaubat, (memperbanyak) istighfar memiliki keutamaan2 lain. Beberapa di antaranya dapat kita lihat dalam surat Nuh: 10-12, yaitu: (1) Allah SWT turunkan hujan yang lebat, (2) Allah SWT perbanyak harta, (3) Allah SWT perbanyak anak, (4) Allah SWT adakan kebun dan sungai yang mengalir di dalamnya. Dalam riwayat lain kita juga dapat membaca keutamaan lainnya dari memperbanyak istighfar.
  2. Kisah ini juga mengajarkan kepada kita mengenai kuasa Allah SWT untuk mengabulkan doa hamba-hamba-Nya dengan jalan yang tidak disangka-sangka.
  3. Kisah ini juga mengajarkan kepada kita tentang perlunya kita memiliki amalan “kecil” yang kita lakukan secara terus menerus (kontinu). Rasulullah SAW bersabda, “Amalan yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu meskipun itu sedikit.”

Ceramah di bulan Ramadhan membantu umat Muslim untuk memperdalam pemahaman mereka tentang bulan istimewa penuh ampunan. Ini termasuk dapat memperoleh wawasan yang lebih dalam tentang ajaran-ajaran agama Islam dan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Diharapkan Ramadhan tahun ini dapat kita lalui dengan lancar dan mendapatkan pahala yang berlimpah di sisi Allah

Aamiin Allahumma Aamiin.

***(Tim Redaksi PA Dumai)***

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Dumai

Jl. Putri Tujuh, Kel. Teluk Binjai, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau - 28812

Telp: (0765) 31928
Fax: (0765) 31928

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Pengadilan Agama Dumai @2021
}); })(jQuery);