Assalamu'alaikum Wr.Wb..Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Dumai Kelas IB | Media Informasi dan Transparansi Peradilan

 
 
 
http://sidasi.pa-dumai.go.id
http://sidasi.pa-dumai.go.id

 

Koordinasi Itsbat Nikah (Pengesahan Nikah) Berbiaya Murah Dengan Sekcam Sungai Sembilan | (06/04)

Ditulis oleh super admin on .

Ditulis oleh super admin on . Dilihat: 524

Koordinasi Itsbat Nikah (Pengesahan Nikah) Berbiaya Murah Dengan Sekcam Sungai Sembilan | (06/04)

Dalam rangka pemantapan persiapan pelaksanaan Isbat Nikah berbiaya yang akan dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Dumai di Kecamatan Sungai Sembilan maka pada Hari Selasa Tanggal 06 April 2021 diadakan koordinasi pelaksanaan Isbat Nikah berbiaya murah yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Camat Sungai Sembilan. Dalam kegiatan ini Wakil Ketua PA Dumai Khoiriyah Roihan, S.Ag.,M.H didampingi oleh Panitera M. Afrizal, S.H, dan disambut langsung oleh Sekretaris Camat Sungai Sembilan Muhtadi.


Koordinasi Itsbat Nikah oleh Waka dan Panitera PA Dumai Dengan SekCam Sungai Sembilan

Adapun “Itsbat nikah” itu sendiri adalah pengesahan nikah seorang laki-laki dan perempuan muslim yang pernikahannya telah dilaksanakan dan memenuhi sarat, rukun perkawinan namun tidak dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Dengan adanya sebagian masyarakat yang pernikahannya tidak tercatat, apakah disebabkan faktor ekonomi, biaya, geografi atau lainnya, disisi lain begitu pentingnya Akte Nikah maupun Akte Kelahiran dengan rentetan akibat hukumnya seperti : Kewarisan, kewarganegaraan, status anak dan lainnya, sementara setiap warga negara Republik Indonesia berhak mendapatkan pengakuan dan kepastian hukum, maka untuk menyelesaikan permasalahan tersebut Mahkamah Agung Republik Indonesia telah menerbitkan PERMA Nomor 1 tahun 2015 tentang “Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama (PA) / Mahkamah Syari’ah dalam rangka penerbitan Akte Perkawinan, Buku Nikah dan Akte Kelahiran”.

Alhamdulillah akhirnya kegiatan koordinasi ini dapat berjalan sesuai dengan harapan dengan respon baik dari pemerintah setempat mengenai program yang pastinya memudahnya masyarakat tersebut.

***(Tim Redaksi PA Dumai)***

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Dumai

Jl. Putri Tujuh, Kel. Teluk Binjai, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau - 28812

Telp: (0765) 31928
Fax: (0765) 31928

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Pengadilan Agama Dumai @2021
}); })(jQuery);