Assalamu'alaikum Wr.Wb..Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Dumai Kelas IB | Media Informasi dan Transparansi Peradilan

 
 
 
http://sidasi.pa-dumai.go.id
http://sidasi.pa-dumai.go.id

 

PA Dumai mengikuti Rapat Koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2021 | (02/03)

Ditulis oleh super admin on .

Ditulis oleh super admin on . Dilihat: 947

PA Dumai mengikuti Rapat Koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2021 | (02/03)

Dumai | www.pa-dumai.go.id
Pengadilan Agama (PA) Dumai Dra. Hj. Rukiah Sari, S.H. didampingi Sekretaris PA Dumai Hendri Suwelman, S.Kom dan Panitera PA Dumai M. Afrizal, S.H. mengikuti Rapat Koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2021 Dengan mengusung tema “Membangun Peradilan Agama Modern Berkelanjutan Menuju Birokrasi Berkelas Dunia”. Rapat Koordinasi Dijen Badilag berlangsung pada tanggal 02 Maret s.d 03 Maret 2021 memalui aplikasi zoom meeting.

 
Sekretaris (Kiri), Ketua (Tengah), Panitera (Kanan)

Pada rapat koordinasi tersebut dimulai dengan sambutan dan laporan pelaksanaan dari Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H dan sambutan pembukaan serta launching 6 (enam) aplikasi dari Ketua Mahkamah Agung RI YM. Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. dan nantinya akan menghadirkan Pembicara/Narasumber yang berasal dari dalam dan luar negeri. Para Narasumber tersebut ialah Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D. (Menteri Keuangan RI), YM. Prof. Ajung Datuk Setya Dr. Mohd. Naim Mokhtar (Ketua Jabatan Kehakiman Syariah Malaysia), YM. Judith Ryan (Hakim Agung FcoA di Sydney Australia), YM. Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. (Ketua Kamar Agama MA RI), Dr. Ahmed Bin Salem bin Muhammad Al Ameri (Rektor Universitas Islam Imam Muhammad Bin Sa’ud Arab Saudi).

 
Ketua MA meresemikan 6 Aplikasi

Badilag kembali meluncurkan 6 aplikasi yang dilakukan oleh Ketua Mahkamah Agung RI YM. Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., Selasa pagi (2/3/2021). Berikut adalah 6 aplikasi yang diluncurkan :
1. Pusat Data Perkara,Inovasi ini adalah pengembangan dari pusat data yang telah diluncurkan sebelumnya. Manfaatnya sebagai media informasi dengan menyajikan data-data perkara di peradilan agama dalam bentuk statistik maupun grafis. 
2. Portal Ekonomi Syariah, portal ini menyediakan informasi yang lengkap dan terbaru terkait penanganan dan regulasi perkara ekonomi syariah.
3. Aplikasi PTSP Online Pengadilan Tingkat Banding, merupakan pengembangan dari PTSP Online Badilag yang bermanfaat untuk memudahkan akses masyarakat untuk memperoleh informasi prosedur dan layanan di pengadilan agama.
4. Aplikasi Penilaian APM (Akreditasi Penjamin Mutu); aplikasi ini digunakan untuk memantau dan mengukur konsistensi penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu di lingkungan peradilan agama.
5. Laporan Elektronik (E-Laporan), aplikasi untuk proses pelaporan antar instansi pusat dan daerah sehingga menjadi lebih cepat dan akurat.
6.Aplikasi Virtualisasi Surat Izin Online (Vision+) Satuan Kerja di lingkungan Peradilan Agama, merupakan versi terbaru dari aplikasi yang diluncurkan sebelumnya. Aplikasi ini berguna untuk memperpendek jalur birokrasi dalam proses perizinan bagi aparatur di lingkungan peradilan agama.

 
Ketua MA memberi kata sambutan

Pengembangan dan implementasi inovasi yang berbasis teknologi informasi, menurutnya merupakan salah satu ciri peradilan yang modern. Ada 3 ciri utama yang harus ada dalam sistem peradilan modern, yaitu: Transparansi, Akuntabilitas, dan Aksesibilitas. “Peradilan modern merepresentasikan profil lembaga peradilan yang mengimplementasikan perkembangan teknologi informasi untuk mendukung tugas pokok dan fungsi pengadilan” ungkapnya. H. M. Syarifuddin sangat mengapresiasi ikhtiar dari Dirjen Badilag dan seluruh aparatur Peradilan Agama dalam melakukan pembaruan-pembaruan demi terwujudnya peradilan yang agung. Serta Dengan adanya rakor ini Dirjen Badilag mengharapkan dapat menghasilkan rumusan-rumusan yang mampu meningkatkan kualitas dan kemampuan Badan Peradilan Agama agar Peradilan Agama menjadi Peradilan yang Berkelas Dunia.

 

***(Tim Redaksi PA Dumai)***

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Dumai

Jl. Putri Tujuh, Kel. Teluk Binjai, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau - 28812

Telp: (0765) 31928
Fax: (0765) 31928

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Pengadilan Agama Dumai @2021
}); })(jQuery);